Rabu, 27 Mei 2020

Rancangan Tahapan Observasi KMBD

√ Observasi : Pengertian, Manfaat, Ciri, Tujuan, Struktur & Jenis

Rancangan Tahapan Observasi KMBD

 

1.1  Judul Program

“Pelatihan Tenaga Pengajar SMPN 01 Wuluhan Terhadap Pelaksanaan KBM Selama Masa Pandemic Covid -19 Menggunakan Platform Schoology Dan Zoom Apps.”

1.2  Latar Belakang

Peran guru sebagai tenaga pembimbing yang selalu memberikan arahan kepada peserta didik di sebuah sekolah memanglah sangat diperlukan dalam setiap proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karenanya kehadiran guru  dalam memberikan arahan dan bimbingan sangatlah berarti bagi siswa meskipun hanya membahas beberapa pokok materi yang disampaikan. Menghadapi masa pandemic covid -19 yang telah terjadi pada ahir tahun 2019 lalu memaksa setiap kalangan pelajar dan tenaga pendidik melakukan aktivitas KBM di rumah atau secara daring. Hal ini menjadi kendala tersediri yang dirasakan oleh guru dan siswa. Dimana kurangnya pengetahuan terhadap platform pembelajaran dan minimnya sumberdaya yang digunakan untuk mengakses platform tersebut, menjadikan tugas sebagai alternative pengganti kegiatan belajar siswa, dan proses tatap muka siswa dengan guru semakin berkurang. Namun dengan banyaknya mata pelajaran yang di terima oleh siswa, maka semakin banyak pula tugas yang akan dibebankan kepada siswa. Dengan kata lain, siswa semakin tidak faham dengan konsep belajar yang dimaksud, namun selalu dibebankan dengan tugas yang semakin bertambah.

Hal inilah yang dirasakan oleh Sebagian masyarakat dan siswa yang tinggal di desa Dukuhdempok kec. Wuluhan kabupaten Jember-Jawa Timur. Dimana keluhan keluhan yang dipaparkan masyarakat sekitar daerah tersebut terkhusus bagi siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran daring di Smpn 01 Wuluhan yaitu banyaknya tugas yang dibebankan kepada siswa guna pengganti proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Oleh karenanya permasalahan seperti inilah yang mendorong saya untuk mencoba memberikan pelatihan kepada guru ataupun tenaga pengajar yang ada di sekolah tersebut untuk tetap melaksanakan proses KBM sebagaimana mestinya, dengan memanfaatkan beberapa platform aplikasi yang mendukung proses tersebut.

Harapannya, setelah dilakukan pelatihan terhadap beberapa sampel guru dan siswa, terkait dengan penggunaan platform tersebut, siswa dan guru semakin terbantu dan mencoba menerapkan teknologi yang ada, sehingga dapat memperluas kemudahan bagi pengguna dan dapat menerapkan system pembelajaran yang efektive sesuai dengan prosedur yang berlaku pada proses pembelajaran semestinya.

1.3  Masyarakat Sasaran

Masyarakat sarasan yang akan saya berikan pelatihan terhadap platform aplikasi ini adalah, beberapa guru dan siswa Smpn 01 Wuluhan dengan jumlah 5-10 orang.

1.4  Tahapan Observasi

Tahapan observasi yang akan saya lakukan adalah dengan melalui beberapa cara yaitu :

1.    Mencari beberapa informasi terkait dengan siswa yang sedang belajar di SMPN 01 wuluhan kemudian mencoba menghubungi melalui media pesan dan menawarkan Kerjasama sebagai mitra, terkait dengan KMbD yang sedang penyusun lakukan. Kemudian mencoba menggali beberapa informasi, terkait bagaimana proses KBM yang diterapkan di sekolah tersebut.

2.     Mencari beberapa informasi terkait dengan guru yang sedang mengajar di SMPN 01 wuluhan, kemudian mencoba mengubungi melalui pesan dan menawarkan Kerjasama sebagai mitra terkait dengan KMbD yang saya sedang penyusun laksanakan.

3.    Memberikan kuesioner berupa google form, yang ditujukan untuk guru atau tenaga pengajar active di smpn 01 wuluhan terkait dengan konsep belajar yang sedang diterapkan oleh guru tersebut. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah kasus yang dialami oleh siswa benar-benar diterapkan oleh guru atau tenaga pendidik yang ada di sekolah tersebut.

Form kuesioner dapat diakses di : https://bit.ly/3KMbD

1.5  Bentuk Dokumentasi

Bentuk dokumentasi yang akan saya gunakan dalam tahap awal (Observasi) ini adalah berupa foto, screenshot chatting, dan data kuesioner yang telah saya sebarkan guna mendukung keabsahan data.

 


Previous Post
Next Post

0 comments: