Rabu, 20 Mei 2020

Desain Organisasi Kontemporer

Desain Organisasi Kontemporer

Jelaskan desain organisasi kontemporer.

Dalam struktur tim, seluruh organisasi terdiri dari tim kerja. Struktur matriks menugaskan spesialis dari departemen fungsional yang berbeda untuk bekerja pada satu atau lebih proyek yang dipimpin oleh manajer proyek. Struktur proyek adalah struktur di mana karyawan terus bekerja pada proyek. Sebuah organisasi virtual terdiri dari inti kecil karyawan penuh waktu dan spesialis luar yang sementara dipekerjakan sesuai kebutuhan untuk mengerjakan proyek. Organisasi jaringan adalah organisasi yang menggunakan karyawannya sendiri untuk melakukan beberapa kegiatan kerja dan jaringan pemasok luar untuk menyediakan komponen produk lain yang dibutuhkan atau proses kerja. Organisasi pembelajaran adalah organisasi yang telah mengembangkan kapasitas untuk terus belajar, beradaptasi, dan berubah. Ini memiliki karakteristik struktural tertentu termasuk penekanan pada berbagi informasi dan berkolaborasi pada kegiatan kerja, hambatan struktural dan fisik minimal, dan tim kerja yang diberdayakan.

Diskusikan bagaimana organisasi mengatur kolaborasi.

Upaya kolaborasi organisasi dapat bersifat internal atau eksternal. Pilihan struktural kolaboratif internal meliputi tim lintas fungsi, gugus tugas, dan komunitas praktik. Tim lintas fungsi adalah tim kerja yang terdiri dari individu-individu dari berbagai spesialisasi fungsional. Satuan tugas adalah komite atau tim sementara yang dibentuk untuk menangani masalah jangka pendek spesifik yang memengaruhi beberapa departemen. Komunitas praktik adalah kelompok orang yang berbagi kepedulian, serangkaian masalah, atau hasrat tentang suatu topik, dan yang memperdalam pengetahuan dan keahlian mereka di bidang itu dengan berinteraksi secara berkelanjutan. Opsi kolaboratif eksternal mencakup inovasi terbuka dan kemitraan strategis. Inovasi terbuka memperluas pencarian ide-ide baru di luar batas organisasi dan memungkinkan inovasi untuk dengan mudah mentransfer ke dalam dan ke luar. Kemitraan strategis adalah hubungan kolaboratif antara dua atau lebih organisasi di mana mereka menggabungkan sumber daya dan kemampuan untuk beberapa tujuan bisnis.

Jelaskan pengaturan kerja yang fleksibel yang digunakan oleh organisasi.

Pengaturan kerja yang fleksibel memberi organisasi fleksibilitas untuk menempatkan karyawan kapan dan di mana mereka dibutuhkan. Opsi struktural meliputi telecommuting, pekan kerja yang dikompresi, waktu lembur, dan pembagian kerja. Telecommuting adalah pengaturan kerja di mana karyawan bekerja di rumah dan terhubung ke tempat kerja dengan komputer. Minggu kerja yang dikompresi adalah satu di mana karyawan bekerja lebih lama per hari tetapi lebih sedikit hari per minggu. Flextime adalah sistem penjadwalan di mana karyawan diharuskan untuk bekerja dalam jumlah jam tertentu dalam seminggu tetapi bebas untuk memvariasikan jam tersebut dalam batas-batas tertentu. Berbagi pekerjaan adalah ketika dua orang atau lebih membagi pekerjaan penuh waktu.

Diskusikan pengorganisasian masalah yang terkait dengan tenaga kerja kontingen.

Pekerja non-permanen adalah pekerja sementara, lepas, atau kontrak yang pekerjaannya bergantung pada permintaan untuk layanan mereka. Masalah pengorganisasian termasuk mengklasifikasikan siapa yang benar-benar memenuhi syarat sebagai kontraktor independen; menyiapkan proses untuk merekrut, menyaring, dan menempatkan pekerja darurat; dan memiliki metode untuk menetapkan tujuan, jadwal, dan tenggat waktu serta untuk memantau kinerja kerja.

Jelaskan tantangan desain organisasi hari ini.

Dua tantangan utama desain organisasi untuk hari ini termasuk menjaga karyawan tetap terhubung dan mengelola masalah struktural global.

ULASAN DAN PERTANYAAN DISKUSI

1. Jelaskan empat desain organisasi kontemporer. Bagaimana mereka serupa? Berbeda?

2. Bedakan antara matriks dan struktur proyek.

3. Bagaimana sebuah organisasi dapat beroperasi tanpa batas?

4. Organisasi tanpa batas memiliki potensi untuk menciptakan perubahan besar dalam cara kita bekerja. Apakah Anda setuju atau tidak setuju? Menjelaskan.

5. Jenis keterampilan apa yang dibutuhkan seorang manajer untuk bekerja secara efektif dalam struktur proyek? Dalam organisasi tanpa batas? Dalam sebuah organisasi pembelajaran?

6. Bagaimana masing-masing jenis kolaborasi (baik internal dan eksternal) berkontribusi pada upaya kerja yang lebih terkoordinasi dan terintegrasi?

7. Masalah struktural apa yang mungkin muncul dalam mengelola pengaturan kerja fleksibel karyawan? Pikirkan tentang apa yang telah Anda pelajari tentang desain organisasi. Bagaimana informasi itu dapat membantu manajer mengatasi masalah itu?

8. Apakah ide pengaturan kerja yang fleksibel menarik bagi Anda? Mengapa atau mengapa tidak?

9. Masalah struktural apa yang mungkin muncul dalam mengelola pekerja kontingen? Sekali lagi, pikirkan tentang apa yang telah Anda pelajari tentang desain organisasi. Bagaimana informasi itu dapat membantu manajer mengatasi masalah itu?

10. Mengapa tantangan untuk "menjaga karyawan tetap terhubung" di organisasi saat ini?

 

LATIHAN KETERAMPILAN

Mengembangkan Anda

Memperoleh Skill Kekuatan

Tentang Skill

Kekuasaan adalah proses alami dalam kelompok atau organisasi apa pun, dan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif, manajer perlu mengetahui cara mendapatkan dan menggunakan kekuasaan. 62 Mengapa memiliki kekuatan penting? Karena kekuatan membuat Anda kurang bergantung pada orang lain. Ketika seorang manajer memiliki kekuatan, dia tidak tergantung pada orang lain untuk sumber daya kritis. Dan jika sumber daya yang dikontrol manajer penting, langka, dan tidak dapat diganti, kekuatannya akan meningkat karena orang lain akan lebih bergantung padanya untuk sumber daya tersebut. (Lihat Bab 17 untuk informasi lebih lanjut tentang kekuatan pemimpin.)

Langkah-langkah dalam Melatih Keterampilan

Anda bisa lebih efektif dalam memperoleh dan menggunakan daya jika

Anda menggunakan delapan perilaku berikut.

1. Kerangka argumen dalam hal tujuan organisasi. Agar efektif dalam memperoleh kekuatan berarti menyamarkan kepentingan diri Anda. Diskusi tentang siapa yang mengendalikan sumber daya apa yang harus dibingkai dalam hal manfaat yang akan diperoleh organisasi; jangan tunjukkan bagaimana Anda secara pribadi akan mendapat manfaat.

2. Kembangkan gambar yang tepat. Jika Anda mengetahui budaya organisasi Anda, Anda sudah memahami apa yang diinginkan dan dihargai organisasi dari karyawannya dalam hal berpakaian, karyawan yang harus dibudidayakan, dan mereka yang harus dihindari, apakah akan berani mengambil risiko atau menolak risiko, gaya kepemimpinan yang disukai, kepentingan yang dipentingkan rukun dengan orang lain, dan sebagainya. Dengan pengetahuan ini, Anda diperlengkapi untuk memproyeksikan gambar yang sesuai. Karena penilaian kinerja Anda tidak selalu merupakan proses yang sepenuhnya objektif, Anda perlu memperhatikan gaya dan substansi.

3. Dapatkan kendali atas sumber daya organisasi. Mengontrol sumber daya organisasi yang langka dan penting

adalah sumber kekuatan. Pengetahuan dan keahlian adalah sumber daya yang sangat efektif untuk dikendalikan. Mereka membuat Anda lebih berharga bagi organisasi dan, oleh karena itu, lebih mungkin memiliki keamanan pekerjaan, peluang untuk maju, dan audiens yang reseptif untuk ide-ide Anda.

4. Jadikan diri Anda tampak sangat diperlukan. Karena kami lebih mengutamakan penampilan daripada fakta obyektif, Anda dapat meningkatkan kekuatan Anda dengan terlihat sangat diperlukan. Anda tidak benar-benar harus sangat diperlukan selama orang-orang kunci dalam organisasi percaya bahwa Anda adalah orang yang tepat.

5. Jadilah terlihat. Jika Anda memiliki pekerjaan yang membawa prestasi Anda menjadi perhatian orang lain, itu bagus. Namun, jika Anda tidak memiliki pekerjaan seperti itu, Anda akan ingin menemukan cara untuk membuat orang lain di organisasi tahu apa yang Anda lakukan dengan menyoroti keberhasilan dalam laporan rutin, setelah pelanggan yang puas menyampaikan penghargaan mereka kepada eksekutif senior, terlihat pada fungsi sosial, aktif dalam asosiasi profesional Anda, dan mengembangkan sekutu yang kuat yang berbicara positif tentang prestasi Anda. Tentu saja, Anda ingin mencari proyek-proyek yang akan meningkatkan visibilitas Anda

6. Kembangkan sekutu yang kuat. Untuk mendapatkan kekuatan, itu membantu untuk memiliki orang-orang yang kuat di sisi Anda. Kembangkan kontak dengan orang-orang yang berpotensi berpengaruh di atas Anda, di tingkat Anda sendiri, dan di tingkat organisasi yang lebih rendah. Sekutu-sekutu ini seringkali dapat memberi Anda informasi yang jika tidak tersedia tidak tersedia. Selain itu, memiliki sekutu dapat memberi Anda koalisi dukungan jika dan ketika Anda membutuhkannya.

7. Hindari anggota yang "tercemar". Di hampir setiap organisasi, ada anggota pinggiran yang statusnya dipertanyakan.

Kinerja dan / atau loyalitas mereka dapat dicurigai. Jaga jarak Anda dari orang-orang seperti itu.

8. Dukung bos Anda. Masa depan langsung Anda ada di tangan atasan Anda saat ini. Karena dia mengevaluasi kinerja Anda, Anda biasanya ingin melakukan apa pun yang diperlukan untuk membuat atasan Anda berada di pihak Anda. Kamu harus

melakukan segala upaya untuk membantu atasan Anda berhasil, membuatnya terlihat baik, mendukungnya jika dia dikepung, dan menghabiskan

waktu untuk mengetahui kriteria yang akan dia gunakan untuk menilai efektivitas Anda. Jangan merusak atasan Anda. Dan

jangan berbicara negatif tentang dia kepada orang lain.

 

Berlatih Skill

Saran-saran berikut adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mempraktikkan perilaku yang terkait dengan memperoleh kekuatan.

1. Simpan jurnal satu minggu tentang perilaku Anda yang menggambarkan insiden ketika Anda mencoba mempengaruhi orang lain di sekitar Anda. Nilai setiap insiden dengan bertanya: Apakah Anda berhasil dalam upaya ini untuk memengaruhi mereka? Mengapa atau mengapa tidak? Apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda?

2. Tinjau isu-isu terkini dari bisnis berkala (seperti Bloomberg BusinessWeek, Fortune, Forbes, Fast Company, Industry Week, atau Wall Street Journal). Cari artikel tentang reorganisasi, promosi, atau keberangkatan dari posisi manajemen. Temukan setidaknya dua artikel di mana Anda percaya masalah kekuasaan terlibat.

Hubungkan konten artikel dengan konsep yang diperkenalkan dalam modul keterampilan ini.

 

BEKERJA BERSAMA

Latihan Tim

Masa depan perusahaan mungkin bergantung pada seberapa baik ia dapat belajar.

Bentuk kelompok kecil yang terdiri dari tiga hingga empat individu. "Pekerjaan" tim Anda adalah menemukan beberapa informasi terkini tentang pembelajaran

organisasi. Anda mungkin dapat menemukan banyak artikel tentang topik tersebut, tetapi batasi laporan Anda hanya sampai lima

Anda dianggap sebagai sumber informasi terbaik tentang topik tersebut. Dengan menggunakan informasi ini, tulis daftar berpoin satu halaman yang membahas reaksi Anda terhadap pernyataan yang dicetak tebal di awal latihan ini. Pastikan untuk memasukkan informasi bibliografi untuk lima artikel pilihan Anda di akhir daftar bullet satu halaman Anda.

 

 

BEKERJA BERSAMA

Latihan Tim

Masa depan perusahaan mungkin bergantung pada seberapa baik ia dapat belajar.

Bentuk kelompok kecil yang terdiri dari tiga hingga empat individu. "Pekerjaan" tim Anda adalah menemukan beberapa informasi terkini tentang organisasi pembelajaran. Anda mungkin dapat menemukan banyak artikel tentang topik tersebut, tetapi batasi laporan Anda hanya sampai lima Anda dianggap sebagai sumber informasi terbaik tentang topik tersebut. Dengan menggunakan informasi ini, tulis daftar berpoin satu halaman yang membahas reaksi Anda terhadap pernyataan yang dicetak tebal di awal latihan ini. Pastikan untuk memasukkan informasi bibliografi untuk lima artikel pilihan Anda di akhir daftar bullet satu halaman Anda.

 

HIDUPKU MENJADI MANAJER

   Karena Anda mungkin seorang telecommuter beberapa waktu selama karir Anda (atau mungkin mengelola karyawan yang telecommuters), lakukan riset tentang tips untuk membuat pekerjaan telecommuting bekerja.

   Temukan daftar terkini Perusahaan Terbaik untuk Bekerja Fortune (biasanya diterbitkan pada awal Februari). Lihatlah daftar dan hitung berapa banyak dari 50 teratas menyediakan beberapa jenis pengaturan kerja yang fleksibel untuk karyawan mereka dan jenis pengaturan kerja fleksibel yang mereka gunakan.

   Dengan menggunakan majalah bisnis saat ini, lakukan riset tentang upaya inovasi terbuka oleh perusahaan. Pilih tiga contoh bisnis yang menggunakan ini dan jelaskan serta evaluasi apa yang dilakukan masing-masing.

   Buat bagan yang menggambarkan masing-masing desain organisasi adaptif yang dibahas dalam bab ini bersama dengan apa yang Anda anggap sebagai potensi keuntungan dan kerugian dari masing-masing.

   Bacaan yang disarankan Steve dan Mary: Richard Donkin, The Future of Work (Palgrave Macmillan, 2010); Philip Kotler dan John A. Caslione, Chaotic: Bisnis Mengelola dan Pemasaran di Era Turbulensi (Amacom, 2009); Paul Osterman, Kebenaran Tentang Manajer Menengah (Harvard Business School Press, 2008); dan Gary Hamel, Masa Depan Manajemen (Harvard Business School Press, 2007).

   Dengan kata-kata Anda sendiri, tuliskan tiga hal yang Anda pelajari dalam bab ini tentang menjadi manajer yang baik.

   Pengetahuan diri bisa menjadi alat belajar yang kuat. Pergi ke mymanagementlab.com dan selesaikan latihan penilaian diri ini: Seberapa Baik Saya Menangani Ambiguitas? Apakah Saya Mempercayai Orang Lain? Apakah Orang Lain Melihat Saya sebagai Dapat Dipercaya? Seberapa Baik Saya Menanggapi Perubahan Turbulen? Dengan menggunakan hasil penilaian Anda, identifikasi kekuatan dan kelemahan pribadi. Apa yang akan Anda lakukan untuk memperkuat kekuatan Anda dan meningkatkan kelemahan Anda?

 

APLIKASI KASUS 1

Di Kursi Pengemudi

Satu Ford ... Satu Tim ... Satu Rencana ... Satu Tujuan.63 Puluhan ribu karyawan Ford membawa kata-kata ini bersama mereka di kartu berukuran dompet yang dilaminasi. Mengapa? Kata-kata ini mencerminkan visi yang dimiliki CEO Alan Mulally untuk masa depan Ford Motor Company. Dan mengejar visi itu memiliki implikasi untuk bagaimana perusahaan akan terstruktur.

Mulally bergabung dengan Ford Motor pada September 2006 dari Boeing, di mana ia memimpin upaya perubahan haluan yang sukses. Dan Ford, menghadapi tantangan serius, membutuhkan seseorang seperti dia. Antara persaingan yang ketat dalam industri mobil global dan realitas kekurangan manufaktur dan pengembangan produknya, kondisi keuangan perusahaan memburuk. Anggota keluarga Bill Ford "memilih sendiri penggantinya sebagai CEO, bertaruh bahwa keterampilan membangun tim dan kecerdasan industri Alan Mulally akan menginspirasi dan memberanikan karyawan cukup untuk menghidupkan kembali produsen mobil yang susah."

Langkah pertama Mulally adalah "segera membersihkan buku pedoman Boeing-nya" saat ia melihat untuk menerapkan banyak strategi yang sama yang telah bekerja dalam membalikkan Boeing. Meskipun dia mengakui masalah besar yang dihadapi perusahaan dalam mencapai daya saing dan keuntungan strategis, dia bertekad untuk mengambil langkah dramatis, menyakitkan dan untuk "membajak melalui perubahan yang menyayat hati" untuk mengubah perusahaan dan mengembalikannya ke keunggulan global. Memandu upaya awalnya adalah rencana Maju yang pertama kali diumumkan pada Januari 2006 dan implementasinya dipercepat pada September 2006 ketika Mulally diangkat menjadi CEO. Rencana komprehensif ini membahas tujuh bidang di mana perubahan strategis akan difokuskan: kepemimpinan yang berani; fokus pelanggan; merek yang kuat; produk yang berani dan inovatif; kualitas hebat; harga yang jelas; dan biaya dan kapasitas kompetitif. Mulally juga mengidentifikasi empat prioritas utama: (1) secara agresif merestrukturisasi perusahaan untuk beroperasi secara menguntungkan pada permintaan riil saat ini dan perubahan model campuran; (2) mempercepat pengembangan produk dengan produk-produk baru yang benar-benar diinginkan dan dihargai pelanggan sambil mencapai keunggulan manufaktur dengan mengurangi kompleksitas dan meningkatkan kualitas; (3) mendapatkan pembiayaan untuk melakukan hal-hal ini dan meningkatkan neraca; dan (4) bekerja bersama dengan akuntabilitas dengan semua mitra. Selain rencana Maju, Mulally menciptakan upaya strategis yang dijuluki One Ford dalam upaya untuk "sepenuhnya memanfaatkan sumber daya Ford di seluruh dunia yang luar biasa." Dalam sambutannya kepada para pemegang saham pada pertemuan tahunan 2008, Mulally mengatakan: "Kami beroperasi di industri global yang sangat kompetitif. Untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan, kita harus memanfaatkan sumber daya manusia kita sebaik-baiknya dan memanfaatkan setiap potensi skala ekonomi dan praktik terbaik yang dapat kita temukan. Itu berarti beroperasi sebagai satu tim di seluruh dunia, dengan satu rencana dan satu tujuan ... Satu Ford ... pertumbuhan yang menguntungkan bagi semua. ”Upaya dan prioritas ini memandu perusahaan selama beberapa tahun ke depan.

Visi Mulally untuk Ford memuncak pada pameran mobil Detroit 2010 di mana ia meluncurkan mobil yang “mewujudkan strateginya untuk mengembalikan Ford ke statusnya sebagai pemimpin dalam industri otomotif global.” Mobil itu, Focus, adalah mobil global pertama Ford yang sesungguhnya— sebuah "kendaraan tunggal yang dirancang dan direkayasa untuk pelanggan di setiap wilayah di dunia dan dijual dengan satu nama." Mulally berkata, "Jika kita akan menjadi kelas dunia, kita perlu menyatukan dan meningkatkan dan menggunakan aset global kita di sekitar dunia untuk menciptakan pembangkit tenaga listrik 'One Ford'. "Dia juga menyatakan harapannya bahwa kendaraan itu akan memberikan" cetak biru bergulir bagi generasi mobil Ford yang akan datang. "

Pertanyaan Diskusi

1. Jelaskan dan evaluasi apa yang dilakukan Alan Mulally di Ford Motor Company.

2. Apa implikasi struktural yang muncul dari deskripsi Mulally tentang Ford yang berkelas dunia?

3. Apa jenis desain organisasi adaptif yang dibahas dalam bab ini yang mungkin diperlukan ketika Ford terus mengejar visinya tentang Satu Ford ... Satu Tim ... Satu Rencana ... Satu Tujuan? Untuk setiap desain yang Anda anggap tepat, jelaskan apa itu dan bagaimana perusahaan menggunakannya.

4. Apa yang diceritakan oleh kisah kasus ini tentang bagaimana visi dan rencana perusahaan memengaruhi strukturnya?

 

 

APLIKASI KASUS 2

Pemburu Virus

          “Bayangkan seperti apa hidup ini jika produk Anda tidak pernah selesai, jika pekerjaan Anda tidak pernah dilakukan, jika pasar Anda bergeser 30 kali sehari. Para pemburu virus komputer di Symantec Corp tidak perlu membayangkan. ”64 Itulah kenyataan kehidupan sehari-hari mereka. Di Response Lab perusahaan di Santa Monica, California, digambarkan sebagai "paling kotor dari semua jaringan kami di Symantec," analis perangkat lunak mengumpulkan virus dan kode mencurigakan lainnya dan mencoba mencari tahu bagaimana mereka bekerja sehingga pembaruan keamanan dapat diberikan kepada pelanggan perusahaan . Bahkan ada kotak bahan berbahaya di dekat lab yang bertuliskan BAHAYA di mana mereka meletakkan semua disk, kaset, dan hard drive dengan virus jahat yang harus dibuang sepenuhnya. Situasi Symantec mungkin tampak unik, tetapi perusahaan, yang membuat konten dan perangkat lunak keamanan jaringan untuk konsumen dan bisnis, mencerminkan kenyataan yang dihadapi banyak organisasi saat ini: dengan cepat menggeser ekspektasi pelanggan dan pesaing global yang terus muncul yang secara drastis memperpendek siklus hidup produk.

          Peluncuran worm Blaster-B mengubah pendekatan perusahaan untuk menangani virus. Efek domino dari Blaster-B dan virus lain yang dihasilkan olehnya berarti bahwa analis perangkat lunak garis depan bekerja sepanjang waktu selama hampir dua minggu. Potensi "kehabisan tenaga karyawan" membuat perusahaan menyadari bahwa tim pencari virusnya harus jauh lebih berbakat. Sekarang, jumlah tim pusat tanggapan dalam ratusan dan manajer merotasi orang dari garis depan, di mana mereka bertanggung jawab untuk merespons ancaman keamanan baru yang muncul, ke dalam kelompok di mana mereka dapat membantu dalam pengembangan produk baru. Yang lain menulis makalah penelitian internal. Yang lain lagi ditugaskan untuk mengembangkan alat baru yang akan membantu kolega mereka melawan gelombang ancaman berikutnya. Bahkan ada seseorang yang mencoba mencari tahu apa yang membuat penulis virus tergerak — dan hari tidak pernah berakhir bagi para pemburu virus ini. Ketika tim Santa Monica menyelesaikan harinya, rekan-rekan di Tokyo mengambil alih. Ketika tim Jepang selesai hari itu, itu diserahkan ke Dublin, yang kemudian menyerahkan kembali ke Santa Monica untuk hari yang baru. Ini adalah lingkungan kerja yang sibuk, kacau, dan menantang yang mencakup seluruh dunia.

          Tetapi para ahli keamanan menyadari bahwa meskipun upaya terbaik tim mereka, "mereka kalah dalam pertempuran." Mereka berencana untuk menambah garis pertahanan lain dan menggunakan kekuatan orang untuk memburu penjahat cyber dengan "merekrut korban dan pengguna komputer lainnya untuk membantu mereka melakukan serangan dan melacak para peretas. "Rowan Trollope, wakil presiden senior untuk produk konsumen di Symantec, mengatakan," Sudah waktunya untuk berhenti membangun alarm pencuri untuk mencegah orang keluar dan mengejar orang-orang jahat. " memperkenalkan sistem Norton Internet Security baru, Symantec sekarang meminta pelanggan untuk memilih program yang akan mengumpulkan data tentang upaya intrusi komputer dan kemudian meneruskan informasi kepada pihak berwenang.

Pertanyaan Diskusi

1. Bagaimana sifat dari apa yang pemburu virus lakukan memengaruhi struktur yang paling tepat untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan efektif?

2. Dalam memerangi serangan virus komputer, apa yang akan menjadi tantangan mengelola tim profesional dan sekelompok "sukarelawan" pelanggan?

3. Jenis desain organisasi adaptif apa yang dibahas dalam bab ini yang mungkin paling tepat bagi Symantec untuk mengelola para profesional dan relawan pelanggannya secara paling efektif? Jelaskan pilihan Anda.

 

 

 


Previous Post
Next Post

0 comments: